Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Dana Desa

thopymiring 08 Juli 2017 00:28:13 WIB

Senaru ( SID ) – Program Dana Desa ( DD ) terbukti sangat efektif untuk membangkitkan semangat masyarakat dalam membangun Desa . betapa tidak , selama 72 Tahun Indonesia merdeka , Desa yang awalnya hanya menjadi objek pembangunan , kini bisa menentukan nasibnya sendiri .

Apakah ingin maju atau tetap tertinggal , hanya Pemerintah Desa dan Masyarakat setempatlah yang bisa menjawab semua itu .

Seperti yang dirasakan Pemerintah dan masyarakat  Desa Senaru , Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara . Tahun 2017 ini mendapatkan bantuan dana dari berbagai sumber yaitu :

  1. Pendapatan Asli Desa                     : Rp. 51.400.000
  2. Dana Desa                                    : Rp. 1.121.894.000
  3. Alokasi Dana Desa                         : Rp. 1.370.049.000
  4. Bagi Hasil Pajak & Retribusi Daerah : Rp. 125.683.000

Jadi total anggaran yang di kelola Pemerintah Desa Senaru pada tahun ini ialah Rp. 2.669.026.000 dengan adanya bantuan dana ini , Desa Senaru yang memiliki jumlah KK 2.237 dan Jiwa 7.578 dari 15 Dusun yang ada,  kini sudah terlihat banyak perubahan dari tahun-tahun sebelumnya .

Ini membuktikan dengan berjalannya berbagai program pembangunan fisik di masing-masing Dusun yang ada serta kegiatan-kegiatan ibu rumah tangga melalui program PKK dan juga kegiatan para remaja di Desa yang berada tepat dibawah kaki Gunung Rinjani .

Salah satu aspek yang sangat penting dalam menjaga akuntabilitas penggunaan Dana Desa, adalah “ Monitoring dan Evaluasi Dana Desa”.

Sementara itu , Rabu, 7 Juli 2017 kemaren Sekretaris Desa Senaru ( Muhammad Edi  ) di dampingi ketua BPD Senaru ( Lalu Wira Sakti )  dan Bapak Bhabinkamtipmas Senaru ( I Nengah agus Suartana ) meninjau langsung salah satu hasil pekerjaan kegiatan rabat jalan di Dusun Malaka Sereak yang di kerjakan oleh tim TPK Desa Senaru . ( TM )

Komentar atas Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Dana Desa

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Senaru

tampilkan dalam peta lebih besar