Sosialisasi Sistem Informasi Desa (SID) Untuk Tingkat Dasar

thopymiring 20 Juli 2017 00:44:30 WIB

Senaru ( SID ) – Pemerintah Desa Senaru selenggarakan Sosialisasi Sistem Informasi Desa (SID) untuk Tingkat Dasar  pada Senin, 17 Juli  2017 di Aula Kantor Desa Senaru . Sosialisasi yang diikuti oleh 15 Kepala Dusun, Lembaga Desa , dan beberapa Pegiat Sosial Media yang ada di Desa Senaru .  ini merupakan Sosialisasi Sistem Informasi Desa (SID) yang pertama kali dilakukan oleh Pemerintah Desa Senaru maupun di Kabupaten Lombok Utara  . Desa Senaru bisa jadi contoh bagi desa-desa yang lain agar menganggarkan dana untuk mensosialisasikan SID kepada masyarakat .

Kepala Desa Senaru ( Isa Rahman, A.Md ) Membuka secara resmi sosialisasi tentang pentingnya Sistem Informasi Desa ( SID ) yang di rangkaikan dengan penerimaan mahasiswa Kuliah Kerja Partisipatif ( KKP ) dari Universitas Islam Negeri Mataram .

Dengan semangat dan antusias untuk mewujudkan desa yang maju dan berdaya saing, Fasilitator Kecamatan Bayan ( Mustiadi, S.Pd.I ) yang berkecimpung pada Sistem Informasi Desa (SID) telah berusaha keras belajar dan belajar tentang apa itu SID dan apa manfaat dari SID tersebut. Desa Senaru adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Bayan yang terletak di bawah kaki Gunung Rinjani. Walaupun demikian semangat juang untuk menjadikan Desa Senaru sebagai Desa yang maju dan berdaya saing di Kabupaten Lombok Utara . semua komponen belajar lebih memahami dengan serius SID tersebut .

Sosialisasi ini merupakan bagian dari inisiatif operator  SID Senaru ( Topiandi ) untuk memperkenalkan website desa online , dalam mengembangkan, dan menerapkan Sistem Informasi Desa (SID) yang dirancang oleh Combine Resource Institution (CRI) sejak 2016 lalu .

Acara yang dikonsep oleh Pemerintah Desa Senaru, Akan tetapi pelaksana utama untuk menjalankan SID adalah Fasilitator Pembimbing Kecamatan Bayan ( Mustiadi ) dan operator  SID Desa Senaru ( Topiandi ) . Acara dimulai pukul 08.00 wita sampai selesai .

Materi acara antara lain :

  1. Pemutaran video simulasi pelayan dengan aplikasi SID di desa oleh Pembimbing Kecamatan Bayan
  2. Apa itu SID ? dan langkah-langkahnya oleh operator SID
  3. Pemanfaat SID bagi desa oleh operator Desa

Sistem ini diharapkan sebagai salah satu upaya memberikan informasi tentang desa kepada masyarakat dan membantu mempromosikan potensi desa yang ada , serta untuk membantu program-program desa . selain itu, kegiatan ini diharapkan para peserta sosialisasi memahami benar tentang SID dan menjadikan ini suatu kebutuhan desa serta dapat menjalankan, memanfaatkan aplikasi SID di Desa Senaru dengan baik . ( TM )

Komentar atas Sosialisasi Sistem Informasi Desa (SID) Untuk Tingkat Dasar

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Senaru

tampilkan dalam peta lebih besar