Antusiasme Tim Pelaksana Desa ( TPD ) Senaru Mengikuti Lokakarya Kecamatan

thopymiring 31 Juli 2017 04:26:47 WIB

Senaru (SID) – Sekretaris Kecamatan Bayan Bapak ( Satiari ) Membuka secara Resmi Lokakarya Penguatan Kapasitas Tim Pelaksana Desa ( TPD ) dalam Rangka Penetapan dan Penegasan Batas Desa yang di selenggarakan MCA – Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Utara . Tujuan pemetaan partisipatif ini agar wilayah desa memiliki peta batas wilayah administrative yang berguna untuk kepastian ruang ( Spatial Certainty ) serta pengelolaan wilayah beserta sumber daya alam . yang bertempat di Aula Kantor Camat Bayan  dari tanggal 26 s/d 28 15 Juli 2017.  

Dalam sambutannya bapak SATIARI menjelaskan bahwa batas Desa yang ada di Kecamatan Bayan saat ini masih belum valid secara administrative karena desa-desa di Kecamatan Bayan saat ini masih menggunakan batas alam saja , sehingga desa setempat masih ragu menentukan wilayahnya sendiri , ini jelas sangat mempengaruhi proses pembangunan di desa itu sendiri . karena sebagai contoh, ada warga yang tinggal di wilayah  Desa ( A ) namun Berdomisili di Desa ( B ) .

Lokakarya Penguatan Kapasitas Tim Pelaksana Desa ( TPD ) dalam Rangka Penetapan dan Penegasan Batas Desa ini di ikuti seluruh Tim Pelaksana Desa Senaru yang sudah di tetapkan pada Musyawarah Desa pembentukan Tim Pelaksana Desa waktu lalu . Yaitu :

  1. Muhammad Ihsan dari Tokoh Masyarakat sebagai ( Koordinator TPD )
  2. Muhamad Umaidi dari unsur Kepala Dusun sebagai ( Anggota TPD )
  3. Nawasim dari Tokoh Adat sebagai ( Anggota TPD )
  4. Kartini dari unsur Staf Desa sebagai ( Anggota TPD )
  5. Topiandi dari unsur Tokoh Pemuda sekaligus operator Sistem Informasi Desa Senaru sebagai ( Anggota TPD )

 

Dengan  adanya Tim Pelaksana Desa ( TPD ) yang diwakili 5 orang anggota dari masing-masing Desa yang ada di Kecamatan Bayan ini di latih selama 3 hari kemaren mulai dari :

  1. Teknik Pengumpulan Data Desa , Data Sosial Desa, & Informasi Desa
  2. Teknik Pencatatan, Dokumentasi Data, & Informasi Soasial
  3. Latihan Membaca Peta
  4. Latihan Membaca Dan Aplikasi Citra Satelit
  5. Latihan Penggunaan GPS atau Smartphone untuk Navigasi dan Pemetaan
  6. Sampai dengan latihan penerbangan kendaraan udara tak berawak ( Drone )

 

Fasilitator Tim Pelaksana Desa  ( TPD ) Bapak  Kusuma Widodo menyampaikan dalam sambutannya bahwa Lokakarya Penguatan Kapasitas TPD ini bertujuan untuk :

  1. Memastikan bahwa TPD pagham akan metodologi dan tahapan-tahapan kegiatan dalam PPBD
  2. Memperkuat kapasitas TPD dalam menggali dan mendokumntasikan penggunaan/tata guna wilayah warga masyarakat di desa tempat tinggalnya serta bukti-bukti klaim wilayah baik menurut cerita/sejarah ilsan maupun dokumen tertulis
  3. Memperkuat kapasitas TPD dalam melakukan pemetaan , memahami informasi keruangan dasar ( Peta RBI ) , mampu menggambarkan batas administrasi dan menentukan tempat-tempat yang dianggap penting baik secara kartometris maupun dengan menggunakan GPS navigasi .  
Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Senaru

tampilkan dalam peta lebih besar