Sejarah Desa

thopymiring 30 April 2014 11:20:39 WIB

SEJARAH TERBENTUKNYA DESA SENARU

Desa Senaru merupakan salah satu dari 5 Desa yang dimekarkan tahap I ( Pertama ) di Kabupaten Lombok Barat pada thun 1994, dan Desa Senaru ini merupakan desa yang paling muda di Kecamatan Bayan , dan pemekaran dari Desa Bayan

Pada saat pemekaran Desa Bayan menjadi 2 ( dua ) Desa yaitu Desa Bayan sebagai Desa induk dan Desa Senaru sebagai Desa Persiapan . Awalnya pada tahun 1992 diusulkan pemekaran Desa Bayan dan rencana lokasi pembangunan kantor desa persiapan ini ada di 3 tempat yaitu di dusun Lokok Kelungkung, Dusun Tumpang Sari dan dusun senaru, sedangkan rencana nama desa pada saat usulan pemekaran tersebut yaitu dengan nama Desa Karang Pinang , yang diambil dari salah satu tempat yang merupakan bagian dari Dusun Dasan Baro, sedangkan rencana lokasi pembangunan Kantor Desa tersebut bukan di Karang Pinang Dusun Dasan Baro tapi di Dusun lain

Pada saat Musyawarah Lembaga Musyawarah desa ( LMD ) Desa Bayan berikutnya dengan agenda pembahsan rencana pemekaran desa bayan tersebut dari usul, saran dan masukan para peserta musyawarah mengenai nama dan tempat maupun lokasi pembangunan kantor desa yang diusulkan sebelumnya darai para peserta musyawarah sepakat untuk mengganti nama dari Desa Karang Pinang menjadi Desa Persiapan senaru dan tempat pembangunan kantor Desa persiapan senaru dekat dengan pintu masuk Air Terjun Singang Gila.

Musyawarah terakhir Lembaga Musyawah Desa ( LMD ) Desa Bayan pada tahun 1994 untuk menetapkan dan menentukan nama desa serta perangkatnya sedangkan kantor desa persiapan senaru sudah dibangun pada tahun 1993 oleh LKMD Desa Bayan.

Pada tanggal 10 April 1995 dengan surat Keputusan Bupati Lombok Barat tentang Pemekaran desa – desa di Kabupaten Lombok Barat dan diresmikan oleh Bapak Bupati Lombok Barat pada bulan Mei 1995 memjadi desa persiapan senaru di Gedung Dewi Anjani bersama dengan 4 desa lainnya yang dimekarkan.

Luas Desa persiapan setelah dimekarkan dari Desa Bayan sesuai dengan yang diusulkan olah LMD 4.400 ha sedangkan jumlah Penduduk 5.335 jiwa dengan jumlah KK 1.175 dengan batas-batas sebagai berikut :

Utara                  : Desa Anyar

Timur                 : Desa Bayan

Selatan               : Hutan Tutupan

Barat                  : Desa Sukadana

Perangkat Desa

Kepala desa                                         : R. Sutagede

Sekretaris                                            : R. Mustianji

Kaur Pemerintahan                             : R. Akria Buana

Kaur Pembangunan                             : R. Sutikno    

Kaur Kesra                                          : Ahya Ullumudin

Kaur Keu                                            : R. Kerdasari

Kaur Umum                                        : Siwalip

Jumlah Dusun dan Nama Kepala Dusun

  1. Dusun Senaru : R. Kertasonao
  2. Dusun Dusn Tumpag sari : Nurdinah
  3. Dusun Lokok Kelungkung : Sri Alisah

4.Dusun Dasan Baro                          : Radiaman

  1. Dusun Oma Seguar : Seliman
  2. Dusun telaga Lenggundi : R. Sumade
  3. Dusun sembulan Batu : A. Sahmin
  4. Dusun Kebaloan : R. gedarip
  5. Dusun Pawang Kreok : Sahrun
  6. Dusun Bon Gontor : Rumanom
  7. Dusun Lendang Cempaka : Mertawi

dari 11 Dusun tersebut diatas hanya ada 3 dusun yang sudah definitif sebelum dimekarkan yaitu Dusun Senaru, Dusun Kebaloan dan Dusun Lendang Cempaka sedangkan dusun yang lainnya dimekarkan pada saat usul pemekaran desa .

Kondisi Geografis desa persiapan adalah 128 s /d 650 diatas permukaan laut dan topografi adalah dataran dan sebagian besar penduduk Desa Persiapan Senaru adalah sebagai petani dan petani penggarap disamping itu juga sebagai pedagang dan bekerja disektor pariwisata.

Mayoritos penduduk Desa Persiapan Senaru adalah beragama Islam dan penduduknya adalah campuran antara penduduk asli dan pendatang dengan perbandingan 40 % penduduk asli dan 60 % pendatang.

Didesa persiapan senaru terdapat sarana pendidikan 3 unit sekolah Dasar Negeri dan 2 unit SD sederajat, 1 buah puskesmas Pembantu, 1 buah Polindes dan bangunan bangunan lain disamping itu juga 10 Masjid 5 musholla dan 1 buah Pura dan ada juga Obyek Wisata Air Terjun dan Dusun Tradisional.

Desa pesrsiapan senaru ditetapkan oleh Gubernur Propinsi Nusa Tenggara Barat menjadi desa definitif bersama sama dengan desa persiapan lainnya yang ada di Kabupaten Lombok Barat pada tahun 1997

  1. Bintang
  2. Kubah
  3. Pelangi
  4. Gunung
  5. Beruga
  6. Air
  7. Padi
  8. Kapas
  9. Rantai
  10. Pita
  11. Prisai / tameng

Penjelasan Lambing

  1. Bintang bahwa masyarakat Desa Senaru memiliki keyakinan terhadap tuhan yang Maha esa serta taat dalam menjalankan ibadah disamping itu juga berkitan dengan Tri Kerukunan hidup beragama yang dilaksanakan secara serasi dan selalu berdampingan antar umat beragama yang satu dengan yang lainnya.
  2. Kubah dimana masyarakat desa senaru sebagian besar penduduknya beragama islam dan tidak terlepas sebagai masyarakat yang agamais.
  3. Pelangi menandakan desa senaru sebagai kawasan wisata dan daerah tujuan wisata yang memiliki keindahan dan sangat menarik para pengunjung baik dalam negerio maupoun luar negeri yang berkunjung ke desa senaru.
  4. Gunung masyarakat desa senaru dalam membangun memiliki kemauan dan se mangat yang tinggi
  5. Beruga’ balai adat yang dipergunakan sebagai tempat untuk mengadakan musyawarah /sangkaep untuk membahas segala hal untuk mendapatkan persetujuan untuk dilaksanakan sesuai dengan hokum yang berlaku baik hokum penmerintah,hokum agama maupun hokum adapt
  6. Air Desa Senaru merupakan daerah yang subur untuk menopang kehidupan penduduk
  7. Padi penduduk desa senaru dalam kehidupan mempunyai mata pencaharian utama adalah sebagai petani
  8. Kapas potensi lahan perkebunan selain persawahan maupun lahan kering masih dapat dipergunakan untuk areal perkrbunan
  9. Rantai melambangkan gerak mayarakat desa senaru diberbagai sector dimana sikap dan prilaku dalam pembangunan yang menuju perubahan namun seluruh perubahan tersebut berpegang teguh pada persatuan dan kesatuan.
  10. pita mengandung pengertian bahwa masyarakat desa senaru ikatan kekerabatan yang bersifat keterbukaan dan kehalusan serta keikhlasan kepada setiap orang
  11. Perisai perubahan-perubahan yang dilakukan baik fisik maupun non pisik diberbagai sektor kehidupan dimana senaru merupakan daerah tujuan wisata selalau menjaga diri ,dari pengaruh yang bersifat negative

 

MOTTO DESA SENARU

ONTAS ONANG ONYAK

 

Ontas artinya merambas /membuka dan merintis dalam hal ini setiap orang mempunyai kewajiban yang sama untuk memajukan Desanya.

Onang adalah hak dan kesempatan dimana setiap penduduk desa senru mempunyai hak dan kesempatan yang sama untuk mendapatkan pelayanan maupun perlindungan disegala bidang

Onyak segala sesuatu yang telah dirintis, dibangun dan digunakan supaya dipelihara dan dijaga dengan baik kelestariannya.

Dari kata ONTAS ONANG ONYAK tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa didalam merencanakan dan melaksanakan sesuatu terlebih dahulu harus kita harus kita rintis agar dapat dimanfaatkan setelah itu kita dapat manfaatkan setelah itu kita dapat nikmati dan raskan kemudian setelah kita gunakan perlu dipelihara dengan baik agar dapat dipergunakan lagi baik oleh kita sendiri orang banyak.

Menciptakan dan sesuatu sesuai dengan yang direncanakan yang pada dasarnya sebagai perintis maka tugas ini diserahkan kepada LOKAK PENGONTAS,

Untuk dimaklumio bahwa kata ontas ini dilator belakangi oleh keinginan yang kuat untuk dapat dilewati dan dipergunakan oleh semua orang dan hal ini pada saat-saat tertentu khususnya acara adapt lokak pengontas maih dipergunakan

SENARU

APA YANG DILAKUKAN DAN DILIHAT

Desa senaru adalah pintu masuk ke kawasan taman Nasional Gunung Rinjani, start point yang paling dikenal untuk program pendakian rinjani 3 hari kepuncak gunung tertinggi di pulau lombok 3.726 m diatas permukaan laut

Bagi masyarakat pulau lombok terutama penduduk asli suku sasak dan suku bali gunung berapi ini dianggap tempat suci dan keramat serta tempat bersemayamnya roh dari para dwa.

Kawahnya yang sangat menakjubkan danau segara anak merupakan tujuan banyak pengunjung .desa senaru yang hawanya dingin dan sejuk dihiasi dengan bunga bunga dan ilalang yang terbentang dan jalan berliku-liku.

Pemandangan indah dan perjalanan membeutuhkan waktu 2.5 jam dari mataram maupun dari senggigi ke Desa Senaru, Desa ini terdiri dari beberapa Dusun yaitu Dusun Senaru, Batu Koq,dan Dusun Tumpang Sari yang menyediakan akomodasi sederhana dan memiliki pemndangan indah

Pusat Informasi Pendakian Rinjani terletak dibagian paling atas desa ini pada jalur jalan pendakian tepatnya di Dusun Tradisional Senaru. Tempat ini menyediakan informasi bagi para pengunjung tidak hanya menyedikan informasi kepada para pengunjung yang akan mendaki ke Taman Nasional Gunung Rinjani.

Adat sasak yang beragam budaya serta kegiatan ekowisata bagi pengunjung ke senaru serat tiket masuk ke kawasan TNGR dan untuk desa dibayar disini yang bertempat di Pusat Informasi Pendakian Rinjani disamping itu juga ada Women Guide yang sudah dilatih secara khusus yang akan memandu dan menemani disekitar desa

AIR TERJUN

Yang paling terkenal di Desa Senaru adalah Air Terjun Singang Gila, Air Tejun ini gampang dicapai dengan berjalan kaki melewati tangga yang membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari jalan raya sedangkan rute kembali yang paling menyenangkan sebagai alternatif adalah menyusuri menyusuri pinggir lembah yang agak curam mengikuti saluran irigasi.

Untuk yang lebih menantang adalah air terjun ke 2 yaitu Air Terjun Tiu Kelep yang membutuhkan sekitar 1 jam kebagian hulu dari Air Terjun Singang Gila perjalanan diatas batu menyusuri sungai disamping itu juga air terjun ke 3 yang dinamakan Air terjun Betara Lenjang yang masih belum banyak dikenal oleh para pengunjung..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Senaru

tampilkan dalam peta lebih besar