Acara Serah Terima Jabatan Antara PJS Kepada Kepala Desa Terpilih

ahmad hairi 04 Februari 2020 14:44:32 WIB

SID Senaru - Pelaksanaan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepala Desa yang dilakukan Kades PJS Senaru Bapak Sekarnawadi, S. Pd kepada Kepala Desa terpilih Bapak Raden Akria Buana telah terlaksana pada hari Senin 03 Februari 2020 berlokasi di Aula Kantor Desa Senaru yang di hadiri oleh Kasi PMD Kecamatan, BPD Desa Senaru, seluruh Perangkat Desa Dalam Dan luar serta disaksikan juga oleh semua mahasiswa peserta KKN Unram.

Kegiatan Sertijab pada suatu lembaga pemerintahan atau suatu organisasi merupakan sebuah pemandangan lumrah terjadi setelah berakhirnya masa jabatan seorang pemimpin yang kemudian akan diganti dengan pemimpin yang baru. Estapet kepemimpinan Kepala Desa Senaru telah terjadi beberapa kali sejak menjadi Desa mandiri sekitar 16 tahun silam. Kepala Desa Senaru yang pertama Raden Akria Buana menjabat selama dua priode tercatat sebagai Kepala Desa Perintis kemudian digantikan oleh Kepala Desa Isa Rahman, A.Md selama satu priode yang masa jabatannya berakhir pada bulan Desember 2018.

Perjalanan sejarah yang menarik untuk dicermati selama tahun 2019, tercatat sebagai masa transisi perjalanan pemerintahan Desa Senaru, karna pada tahun 2019 Desa Senaru telah dipimpin oleh dua Kades PJS yang diutus oleh pemerintah Kabupaten. Kades PJS Senaru pertama Lalu Wirasakti dilantik pada tanggal 15 Januari 2019 yang kemudian sebelum berakhir masa jabatan sebagai Kades PJS harus mengundurkan diri karna ikut mengajukan diri sebagai salah satu Calon Kepala Desa Senaru sekitar bulan September. Untuk selanjutnya, agar tidak terjadi kekosongan pemimpin pada suatu wilayah maka pemerintah Daerah melantik Sekarnawadi, S. Pd sebagai Kepala Desa PJS menggantikan Lalu Wirasakti. 

Kades PJS Sekarnawadi, S. Pd dalam masa jabatan yang cukup singket menorehkan catatan baru dalam sejarah perjalanan pemerintahan Desa Senaru karna telah mensukseskan proses pemilihan kepala Desa dengan aman dan tertib. Setelah proses pemilihan Kepala Desa yang dilaksanakan secara serentak di 25 Desa di Kabupaten Lombok Utara pada tanggal 21 November 2019 yang kemudian hasil pemilihan atau Kades terpilih yang proses pelantikan secara serentak pula dilaksanakan secara serentak di Kabupaten pada tanggal 30 Januari 2020.

Setelah dilantiknya Kades baru Desa Senaru Bapak Raden Akria Buana secara administratif maka berakhir pula masa jabatan PJS Bapak Sekarnawadi, S. Pd sebagai Kepala Desa Senaru. Dengan pengalaman berorganisasii Bapak Sekarnawadi S. Pd tanpa menunggu instruksi beliu berinisiatif dan berpikir sangat perlu untuk dilakukan sertijab (Serah Terima Jabatan) kepada Kepala Desa baru agar semua perogram pembangunan Desa baik yang sudah dilaksanakan maupun yang sedang berjalan dan perencanaan pembangunan kedepan dapat dipahami keberadaannya oleh semua unsur masyarakat.

Peroses Sertijab yang telah dilaksanakan pada tanggal 03 Februari 2020 merupakan yang pertama kali dilaksanakan dalam perjalanan pemerintahan Desa senaru meskipun telah terjadi beberapa estapet kepemimpinan kepala desa. Desa Senaru saat ini dipimpin oleh Kades pilihan masyarakat Desa Senaru dengan pengalaman memimpin desa pada masa perintisan diharapkan akan mampu membawa perubahan besar bagi kemajuan Desa Senaru kedepan, terlebih setelah terjadinya bencana gempa bumi yang terjadi pada tanggal 05 Agustus 2018 yang telah meluluh lantakan inprastruktur Desa maka tugas berat untuk menata kembali kondisi sosial masyarakat dari segala lini.......A.m-ng

Komentar atas Acara Serah Terima Jabatan Antara PJS Kepada Kepala Desa Terpilih

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Senaru

tampilkan dalam peta lebih besar